shareurs

share knowledge for the bright future

Siswa Muslim India: Protes Larangan Berjenggot

 

Siswa Muslim di sebuah sekolah di India telah mengajukan banding ke Mahkamah Agung  meminta dibatalkannya peraturan sekolah yang melarang siswa muslim di sekolah itu untuk tidak berjenggot, karena hal tersebut adalah hak setiap warga untuk meyakini dan mengikuti kepercayaan agamanya.

Muhammad Salim dari Nirmala Convent Higher Secondary School, sebuah lembaga minoritas yang di akui oleh pemerintah di Madhya Pradesh, sudah berusaha membatalkan peraturan sekolah yang mengharuskan siswa sekolah bercukur klimis.

Salim menyesalkan keputusan pengadilan tinggi Madhya Pradesh yang menolak permohonannya, Salim berpendapat adalah setiap warga negara berhak untuk mengikuti prinsip-prinsip agama nya dan tidak ada yang harus menahan dia dari hal tersebut dalam sebuah negara sekuler seperti India.

Memelihara jenggot termasuk bagian penting dalam agama Islam, kata petisi yang diajukannya.

Advokat senior BA Khan mengatakan bahwa Pasal 25 UUD telah menjamin perlindungan kepada Salim untuk menjalankan dan mempraktekkan keyakinan agamanya termasuk dalam memelihara jenggot dan peraturan yang melarang hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran konstitusi.

Ia mengatakan perbuatan kepala sekolah yang telah memaksa siswanya untuk keluar dari sekolah karena memelihara jenggot telah melawan “nurani keagamaannya, kepercayaan dan adat istiadat dari keluarganya”.(fq/toi)

March 26, 2009 - Posted by | Muslim Box

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: