shareurs

share knowledge for the bright future

Manfaat Budaya Baca Bagi Anak-Anak

laptop2

Anak usia lima tahun yang sering didampingi orang tuanya untuk membaca buku atau didongengkan ternyata memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan anak yang dibiarkan menonton acara televisi.
Selain itu, mendampingi anak membuka-buka buku bacaan juga dapat mempengaruhi perilaku anak pada saat menginjak usia sekolah dasar. Anak akan mudah berkomunikasi dengan guru, dan tidak memiliki kesulitan beradaptasi. Faktor kognitif berkaitan dengan cara bagaimana seorang anak berpikir dan mengingat, dan faktor-faktor yang terlibat dalam proses pembentukan makna informasi.

Seperti dilansir Telegraph, Rabu (24/12/2008) anak yang sering mendengarkan cerita dari buku-buku bacaan akan mudah menyerap dan mengingat pelajaran yang diajarkan guru. Anak-anak tersebut juga akan memiliki kosakata yang lebih banyak, mudah menghitung angka dan dengan cepat mampu menghafal alfabet.

The Institute of Education, Inggris mengungkapkan, kecerdasan dan kemampuan anak di usia sekolah dasar memiliki hubungan dengan peran orang tua, khususnya Ibu yang secara rutin mendampingi dan mengajari sang anak.

“Membacakan buku kepada anak setiap hari sangat berkorelasi dengan kemampuan kognitif dan perilaku positif pada anak usia lima tahun,” tulis laporan studi tersebut.

Penelitian itu dilakukan terhadap sekira 8000 anak berusia lima tahun dan anak yang telah menjalani bangku sekolah dasar selama setahun. Penelitian juga dilakukan terhadap orang tua dengan pertanyaan seperti waktu yang dihabiskan bersama anak untuk membaca, mengajari alphabet, berhitung, serta waktu menonton televisi. (rmd/okz)

January 28, 2009 - Posted by | News

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: