shareurs

share knowledge for the bright future

Mengapa File-file EXE tidak bisa dijalankan?

Fix EXE

Pernah beberapa teman mengalami permasalahan dengan tipe file EXE (Applications). Semua atau sebagian besar file EXE windows tidak bisa dijalankan, ketika dijalankan selalu muncul “Open With…” atau bisanya dengan klik kanan dan dipilih “run as..”. Padahal komputer sudah di scan dari virus dan sudah dibersihkan.

Permasalahan seperti itu tentu sangat menganggu, karena kita tidak bisa membuka hampir semua progam komputer. Hal ini sering disebabkan oleh virus atau bisa juga ada kerusakan dengan system windows. Jika anda atau teman anda pernah mengalami, coba tips berikut untuk memperbaikinya.

Sebagai tambahan informasi, pengaturan mengenai assosiasi file (File Association) di dalam windows disimpan di registry (bisa dikatakan sebagai Database berbagai pengaturan windows dan aplikasi yang di install), sehingga jika setting di registry rusak, maka bisa saja file-file (tidak hanya EXE) tidak bisa dijalankan. Untuk file exe yang tidak bisa dijalankan, coba beberapa tips berikut untuk memperbaiki.

1. Cek Pengaturan daftar File Types

Hal pertama yang perlu dicoba adalah mengecek daftar tipe files . Dari Windows Explorer buka Tools > Folder Options kemudian pilih tab File Types kemudian klik tombol New dan di bagian File Extention isikan EXE, kemudian klik tombol Advanced dan pilih Application kemudian klik OK. Jika muncul tombol Restore, maka klik saja.

Jika langkah ini tidak berhasil, maka coba langkah berikutnya atau yang lain.

2. Download Registry Fix

Jika registry memang rusak, maka bisa digunakan salah satu registry fix (file/tools untuk memperbaiki kerusakan tipe file di registry) berikut ( jika satu tidak berhasil, coba yang lainnya) :

  • Tipe .REG, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .COM, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .BAT, download disini (Untuk mengembalikan Assosiasi file-file di windows Xp ke kondisi default/awal).

setelah di download, jalankan dengan double klik file tersebut, jika filenya .REG dan dijalankan berhasil, akan muncul window konfirmasi seperti berikut :

Klik saja tombol Yes. Jika tidak muncul, atau muncul pesan bahwa registry editor has been disabled atau muncul “open with..” maka coba digunakan file yang bertipe COM atau BAT. Jika ketika tipe file diatas juga tidak berhasil, maka perlu dicoba cara lainnya.

3. Menggunakan fasilitas System Restore

Jika fasilitas Restore Point aktif, maka dengan mengembalikan kondisi windows ke kondisi sebelumnya biasanya bisa memperbaiki permasalahan ini. Hanya saja kadang fasilitas ini tidak diaktifkan karena saat ini sering menjadi sarang virus. Selain itu program-program atau aplikasi yang di install sesudah tanggal Restore Point, biasanya tidak bisa dijalankan lagi (alias harus di install ulang). Untuk mengakses restore Point, dari Start Menu buka All Programs > Accessories > System Tools pilih System Restore. Baca juga artikel tentang System Restore disini

4. Gunakan avast! Virus Cleaner

Meski tools ini hanya digunakan untuk membasmi beberapa virus tertentu, melihat penjelasan di situsnya, tools ini juga bisa mendeteksi jika ada assosiasi file penting yang rusak, maka akan diperbaiki. Selain itu, tools ini juga akan melakukan scan virus-virus populer yang sering menginfeksi komputer. Karena file ini bertipe EXE, kemungkinan juga tidak bisa dijalankan di windows dengan permasalahan seperti diatas. Alternatifnya, rename file ini dengan tipe file lainnya, misalnya : .COM, .SCR, .CMD atau bisa juga dicoba dengan .BAT atau .PIF

Download disini Avas! virus Cleaner

Tips membuka Command Prompt

Command Prompt bisa sangat bermanfaat di situasi seperti diatas, misalnya menjalankan file COM, BAT, membuka registry Editor atau men-copy (me-rename) files. Untuk merename file dengan command prompt, bisa digunakan perintah seperti berikut :

ren file_1.exe file_1.scr ( akan me-rename file_1.exe menjadi file_1.scr)
copy file_1.exe file_1.com ( akan meng-copy file_1.exe dan menghasilkan file_1.com)

Jika command Prompt tidak bisa di buka melalui menu Accessories. Ada tips yang bisa dilakukan untuk membuka Command Prompt. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka Task manager (Ctrl+Alt+Del)
  2. Arahkan mouse ke Menu File > New Task (Run…)
  3. Klik menu New Task (Run…), sambil menekan tombol Ctrl
  4. Seharusnya akan ditampilkan Command Prompt

Jika mempunyai masukan atau cara lainnya silahkan ditambahkan, mungkin bisa lebih melengkapi mengenai memperbaiki assosiasi file EXE. (http://ebsoft.web.id)

Referensi
http://filext.com/faq/broken_exe_association.php
http://windowsxp.mvps.org/exefile.htm

http://www.dougknox.com/xp/file_assoc.htm

About these ads

April 28, 2009 - Posted by | Computer

7 Comments »

  1. halo, saya kena virus yg buat cmd ga bisa jalan, task manager ga bisa jalan, regedit ga bisa jalan. gmana cara balikinnya???o iya yg saya lihat, task manager diganti sama dia menjadi movie clip bukan .exe…..
    ciri2 virus ini:
    1. tiap kali logon muncul intrnt explrer dg sebuah foto/gambar htam pth ga jelas…
    2. scren saver muncul tulisan shemale by cry….(bencong x tg buat)
    3. truz tiap drvie ada folder “album bokep” yg dalamnya ada 2 file dg tipe movie clip….
    thanx ya….

    Comment by hans | June 5, 2009

  2. boz….aq coba pake system restore….and it works…virusnya ga muncul…smga selanjutnya jga ya….thanks 4 the info

    Comment by hans | June 5, 2009

  3. @ Boz Hans, Jika gak ingin balik lg Antiviruznya update bozz…sy pake Norton, Alhamdulilah gak pernah disamperin virus, paling2 keok diberangus sebelom masuk ke komputer…:)

    Comment by shareurs | June 5, 2009

  4. bozz hans gimana caranya ngilangin itu virus, aku baru aja kena virus tersebut itu, tolong dong gimana caranya, help me please.

    Comment by dhia | June 11, 2009

  5. Udah pake antivirus toh? jika udah dan gak berhasil, coba hddnya gandeng dengan PC lain yg udah mapan Antivirusnya trus basmi disitu …insyaallah setelah bersih windows bisa jalan lg…gudlak..:)

    Comment by shareurs | June 13, 2009

  6. Virus Shemale by Cry Baca artikelnya di sini:

    http://vaksin.com/2009/0709/Cryf/Cryf.html

    Comment by Juanggit | July 15, 2009

  7. di up to date aja gan AVnya nanti ilang sendiri aku pakek ESET SMART scurty mayan selama aku pakek gak ada masalah dengan PC yang aku pakek dan INET aku,,,,, :-D

    Comment by hasyeem | July 20, 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: