shareurs

share knowledge for the bright future

IMAM AL-GHAZALI: Ciri-ciri sahabat sejati

DSC00017

Seorang bijak berkata, “Jangan mensia-siakan orang yang kamu ketahui baik kelakuannya, terpuji akhlaknya, banyak keistimewaanya, dan unggul fikirannya, hanya kerana satu kekurangan di antara sekian kelebihannya, atau satu dosa kecil yang boleh diampuni kerana berbagai kebaikan yang pernah dilakukannya. Sesungguhnya sepanjang hidupmu tidak akan pernah menemukan manusia sempurna tanpa cacat atau tak pernah melakukan dosa. Lihatlah dirimu sendiri , ketika kamu gagal menemukannya, jangan menilainya secara subjektif menurut kehendakmu. Sifat-sifat yang kamu tetapkan untuk memilih seorang sahabat tidak akan pernah terwujud dan hanya akan memaksamu berpaling kepada orang yang pernah berdosa.”

12 CIRI-CIRI  SAHABAT SEJATI MENURUT IMAM AL-GHAZALI

  1. Jika kau berbuat baik kepadanya, maka ia juga akan melindungimu.
  2. Jika engkau merapatkan ikatan persahabatan dengannya, maka ia akan membalas balik persahabatanmu itu.
  3. jika engkau memerlukan pertolongn darinya, maka ia akan berupaya membantu sesuai dengan kemampuannya.
  4. Jika engkau menawarkan berbuat baik kepadanya, maka ia akan menyambut dengan baik.
  5. Jika ia memproleh suatu kebaikan atau bantuan darimu, maka ia akan menghargai kebaikan itu.
  6. Jika ia melihat sesuatu yang tidak baik dari dirimu, maka akan berupaya menutupinya.
  7. Jika engkau meminta sesuatu bantuan darinya, maka ia akan mengusahakannya dengan sungguh-sungguh.
  8. Jika engkau berdiam diri(karena malu untuk meminta), maka ia akan menanyakan kesulitan yang kamu hadapi.
  9. Jika bencana datang menimpa dirimu, maka ia akan berbuat sesuatu untuk meringankan kesusahanmu itu.
  10. Jika engkau berkata benar kepadanya, niscaya ia akan membenarkanmu.
  11. Jika engkau merencanakan sesuatu kebaikan, maka dengan senang hati ia akan membantu rencana itu.
  12. Jika kamu berdua sedang berbeda pendapat atau berselisih paham, niscaya ia akan lebih senang mengalah untuk menjaga

CIRI-CIRI SAHABAT DARI BERBAGAI SUMBER…………

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Sahabat Sejati adalh salah satu yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Kepada sahabat sejati, biasanya seseorang akan saling berbagi cerita, berbagi duka, berbagi tawa, berbagi rahasia, dan lain-lain. Kita membutuhkan seorang sahabat sejati untuk meringankan beban yang ada dibenak kita. Sahabat Sejati akan memotivasi dan membangkitkan kita manakala kita sedang terjatuh, mengingatkan kita manakala kita salah dalam melangkah.

Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui kelemahanmu

lalu memberimu kekuatan
Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui kelebihanmu
lalu memberimu dukungan
Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui masalahmu
lalu memberimu bantuan dan pengertian
Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui kesedihanmu
lalu memberimu kegembiraan
Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui cita-citamu
lalu memberimu semangat dan dorongan
Sahabat sejati adalah ia yang mengetahui kebodohanmu
lalu memberimu pengetahuan
Sahabat sejati adalah yang mengetahui kealpaanmu
lalu memberimu peringatan dan petunjuk
Sahabat sejati adalah ia yang ada saat kau bahagia dan tetap bersama saat kau berduka…..

About these ads

February 15, 2009 - Posted by | Muslim Box

19 Comments »

  1. hmmm..kita harus nyari sahabat yang seperti di ajarkan imam gozali nih…

    Comment by YaNoWa | February 19, 2009

  2. terlalu manis……

    Comment by abdullah djawwad | May 7, 2009

  3. sy dimagelang ingin cari sahabat sejati

    Comment by megni fisensiawan | July 24, 2009

  4. Oke kami siap jadi sahabat sejati anda…:D

    Comment by shareurs | August 16, 2009

  5. Smg anda masih ingaat saya dan smg saya termasuk teman sejati anda.
    Sudah lama sy mencari info tentang anda no hp, email dll tapi ga dapat jg, skrg sy seneng bget bs dpt info secara ga sengaja. Apa kbr friend? Smg Allah senantiasa melindungi kta ami. Postinganya bgus2 ga kyak pnx sy ga sempat ngelola krn sbut. Add y d fb. Sy udah lama komunikasi ama m.hasbulah huda d fb.

    Comment by Ahmad hariyanto | August 24, 2009

  6. Assalamualaikum
    h a u?
    Pie kbre?
    De remmah kabereh’?
    Masi ingt gue kn?
    Smg masi ingt n termasuk tman sejati. Add d fb y

    Comment by Ahmad hariyanto | August 25, 2009

  7. Assalamualaikum
    h a u ?
    Piye kbare?
    De’ remmah kbereh?
    Masi ingt gue donk?
    Smg ingt n termsk tman sejati.
    Add d fb ya

    Comment by Ahmad hariyanto | August 25, 2009

  8. yeah… aku uda punya sobat sejati dia adalah Ejhe. . . .I lup u Sob

    Comment by david | October 1, 2009

  9. mudah2an kita dapat menjadi sahabat seperti itu, amin

    Comment by ainu_fikri | October 31, 2009

  10. Kok saya ga kenal siapa aja yang ada di gambar itu ya??? :D :D :D

    Oke deh salam kenal aja …

    Comment by Thiya Renjana | December 8, 2009

  11. Oke mbak thiya..salam kenal aja dah…

    Comment by shareurs | December 13, 2009

  12. saya dulu punya sahabat .. mulai dari smp..sma..kuliah..sampe temen motor… tapi begitu gw merit dan bini gw kelilit hutang… semua temen gw yg gw anggap sahabat itu malahhh menjauuuhh….. (bagaimana menurut kamu)…. ?! :(

    Comment by boby | March 20, 2010

  13. Adakah sahabat anda masuk dalam kategori diatas? menurutku semua itu ada sebab dan akibatnya…mengapa mereka meninggalkan km…mungkin masih ada sahabat yg belum km temui namun km tidak sadar bahwa dialah yg selama ini menjadi sahabat sejati…sahabat tidak men-support materi saja tapi dialah yg bisa menjadi semangat untuk kita bangkit dari keterpurukan.

    Comment by shareurs | March 20, 2010

  14. shabat sperti tu blum saya temui, tp saya kan brusaha menjdi sahabat yg sprt itu untk tman2 ku.

    Comment by dian noerdian | March 25, 2010

  15. P’sahabatan yg sudah trjalin bgitu lama & bgitu dekat nya,
    dg sadarnya tega mnghancurkan Q
    dy mnjauh,,, namun Q masih b’harap smoga dy tau rasa kasihQ mngalahkan smua salah yg ada
    & semoga suatu hari nnti kmi b’temu kmbali dlam suasana keakraban…
    thank ya k’.. ^_^

    Comment by trie | May 22, 2010

  16. @tri…oke smoga tercapai apa yg dicita2kan, namun jika tak terkabulkan…suatu saat nanti Allah memberikan yg terbaik…dan yg bisa menentramkan hati km…amien..3x ya rabbal alamien.

    Comment by shareurs | May 22, 2010

  17. mudah”an q dpatkn seorg shbt yg sesuai ciri” yg dsebutkn,,,alx q pux tman tp dia ada lo aq dlam keadaan senang,lo q ksulitan dia menghilang…

    Comment by emil | August 8, 2010

  18. Atok.. sya termasuk dalam list atok tak? :D

    Comment by puteri ibnu rashid | March 9, 2011

  19. assalamu’alaikum
    salam kenal untuk semua.. semoga kdepannya saya pantas untuk di beri gelar sebagai sahabat sejati..

    Comment by Jelly Gamat | September 10, 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: